Senin, 13 Februari 2012

Galeri Darul Amien TMI

Senandung Anak Sholeh
 
Pondok pesantren Darul Amien bermula dari beberapa tokoh ulama yang berkeinginan untukmendirikan sekolah agama. Tokoh-tokoh tersebut yang  dan pesantren ini diantaranya KH. Khairullah Djamhari(Negara), Ustadz Muhammad Ideris(Negara), beliau berdua ini lulusan dari Pesantren Darussalam  Martapura, Ustadz Syamlan marni (Madura) lulusan dari Pesantren Al-Amien Prenduan Jawa Timur dan Ustadz Salman yang sekarang menetap dan  mengajar di daerahKalimantan Timur.

Kata Darul Amien sendiri diambil dari nama pesantren lulusan para pendiri yaitu Pesantren Darussalam dan Al-Amien sehingga nama pesantren ini menjadi DARUL AMIEN yang berdiri sekitar tahun 1996/1997 terletak di Desa Teluk Labak kec. Daha utara, Kab. HSS, Kal-sel. Pesantren ini merupakan salah satu pesantren yang termuda dari sekian banyaknya pesantren yang ada di daerah Negara, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran fikih pada pondok pesantren ini dilangsungkan di serambi mesjid dengan menggunakan sumber dari kitab-kitab klasik. Meskipun demikian, dijumpai juga penerapan kurikulum nasional yang dilaksanakan ke dalam model pengajaran klasikal. Karena itu,  pondok pesantren DarulAmin Negara dapat diklasifikasikan sebagai pondok yang masih tetap mempertahankan tradisi pengajaran klasik, namun  juga beradaptasi dengan kurikulum negeri sebagai upaya pemenuhan tuntutan kebutuhan ijazah negeri bagi alumni-alumninya.

Kurikulum Pondokan dari jam 06.00-07.00 pengajian kitab yang dihadiri oleh santri, pembelajaran nonformal. Dilanjutkan secara formal, dari 07.00 –14.00. Selanjutnya kurikulum pemerintah ba’da zhuhur sampai jam 14.30. Kemudian dilanjutkan dengan kurikulum pondokan dari ba’da ashar  sampai azan magrib. Seluruh santri/santriwati wajib mengambil program pendidikan pondokan dan kurikulum pemerintah.

Pengasuh
KH. Khairullah Djamhari

PENDIDIKAN

Pendidikan Formal

  1. MI
  2. MTs
  3. MA

Lembaga Non Formal

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Madrasah Diniyah Salafiyah
  3. Majelis Taklim
  4. LKSA Panti Asuhan
  5. Ajar Dikdas 9 tahun Tk Wustha
  6. Kelompok Tani Darul Amien

BACA JUGA:  Susunan dan Tuntunan Lengkap Bacaan Tahlil dan Doa Arwah Beserta Faedahnya (Tanpa Iklan)

EKSTRAKURIKULER

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Qiraatil Qur'an
  3. Kajian Kitab Kuning
  4. Pramuka
  5. PMR
  6. Hadrah
  7. Pencak Silat
  8. Muhadarah
  9. Karya Ilmiah
  10. Kaligrafi
  11.  Komputer
  12. Paskibra
Syair Alfiyah Ibnu Malik






























sarang walit Darul Amien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar